Selasa, 13 Agustus 2019

React Native, Solusi Tepat Untuk Membuat Aplikasi Mobile




React Native adalah kerangka kerja aplikasi seluler open source yang dibuat oleh facebook. React Native digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk android, iOS, Web dan UWP dengan memungkinkan pengembang untuk menggunakan Bereaksi bersama dengan kemampuan platform asli.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan React Native yang membuatnya tepat dipilih untuk mengembangkan aplikasi mobile.
  1. React Native digunakan di banyak perusahaan besar
    Perusahaan yang menggunakan React native diantaranya adalah Skype, Pinterest, Intagram, Tesla dan masih banyak lagi. Anda dapat melihat showcasenya di http://facebook.github.io/react-native/showcase.html.
  2. One for All, 1 kode javascript untuk iOS dan Android
    yang dimaksud dengan 1 kode javascript adalah dengan react-native cukup melakukan kode sekali dan kemudian kode tersebut nantinya akan di bridging ke Android (Java) dan iOS (obj c).
  3. Truly Native
    Kebanyakan Mobile App yang dibangun dengan javascript, menggunakan Cordova, contoh: Ionic, dan Sencha Touch. Dengan Cordova, dapat memanggil Native Api seperti contact, gps, dan sebagainya. Namun tetap saja aplikasi yang dihasilkan hanyalah sebuah WebView atau HTML biasa yang ditampilkan dengan browser WebView. Aplikasi pasti akan mengalami lagging, hp panas dan sebagainya.
    Sedangkan dengan React Native benar-benar menggunakan Native Component dan Native API. Kode javascript akan di bridging ke Native iOS maupun Android.
  4. Kode yang simpel
    Ketika anda sudah biasa dengan kode html, javascript basic, programming basic, maka sudah siap untuk melakukan kode dengan react-native. Berikut ini adalah contoh kode nya:
    import React, { Component } from 'react';
    import {View, Text, TouchableOpacity} from 'react-native';class Home extends Component {  handleClick(){
        alert('Selamat datang di React Native');
      }  render(){
        return (
          <View>
            <Text>Hello World</Text>
            <TouchableOpacity onPress={()=>this.handleClick()}>
             <Text>Click Me!</Text>
            </TouchableOpacity>
          </View>      
        );
      }}


  5. Cocok untuk startup Kenapa React Native cocok untuk startup ? React Native dibangun dengan javascript, jadi tidak perlu repot-repot membayar dan mencari beberapa programmer dengan skillset yang berbeda untuk Android maupun iOS. Jadi, pasti akan menghemat biaya startup.
  6. React Native juga bisa digunakan juga untuk membuat Web App.
  7. Live Reload Tidak membutuhkan waktu lama, cukup tekan CMD + R pada simulator dan hasil koding terbaru akan ditampilkan layaknya menggunakan web browser.

    Itulah beberapa kelebihan React Native, Ingin belajar kode React Native juga Javascript lebih mendalam ? Yuk belajar bareng disini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar