Rabu, 14 Agustus 2019

Mengenal Pemrograman PHP dan CSS Dalam Mengembangkan Aplikasi Berbasis Website




PHP berasal dari kata Hypertext Preprocessor merupakan bahasa pemrograman yang sering disisipkan pada HTML. PHP pertama kali dibuat pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdof. PHP menggunakan sistem server-side, yaitu jenis bahasa pemrograman yang nantinya script atau program tersebut akan dijalankan atau diproses oleh server.

PHP membantu mengembangkan aplikasi berbasis web yang cukup kompleks, handal dan cepat. Tergantung dari spesifikasi bisnis, tingkat pengalaman, penggunaan hosting, dan kebutuhan aplikasi yang dibuat.
Dengan PHP pembuatan website dikembangkan dan diatur menjadi website yang dinamis. Website dapat menyesuaikan tampilan sesuai dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna dan dapat melakukan input output dengan database.

CSS berasal dari kata Casecading Style Shett merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengatur style di dalam website atau bisa disebut juga dengan kumpulan kode-kode untuk mengatur tampilan atau layout halaman web supaya lebih menarik. 

CSS digunakan untuk menentukan tata letak, warna, background, jenis font, ukuran, dan hampir semua hal yang berhubungan dengan tampilan website.
CSS biasanya diletakkan pada file yang terpisah, sehingga ketika ada fungsi atau skrip yang ingin menggunakan CSS tinggal memanggilnya saja.

Berikut ini beberapa istilah yang berkaitan dengan PHP dan CSS :

  1. HTML
    Merupakan singkatan dari Hyper Text markup Language, adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk menampilkan informasi di internet.
  2. Javascript
    adalah salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan sistem  berbasis website.
  3. MySQL
    adalah salah satu sistem manajemen basis data SQL (Structured Query Language). MySQL merupakan salah satu database pertama yang bersifat Open Source.
Jadi, itulah sedikit ulasan mengenai bahasa pemrograman PHP dan CSS. Ketika ingin mengembangkan sebuah website, maka wajib mempelajari keduanya. Karena baik PHP maupun CSS dapat diimplementasikan diberbagai bagian dari sebuah website. 

Bingung mau belajar dimana ? yuk belajar bareng disini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar