Jumat, 16 Agustus 2019

Mengenal Node JS dan Beberapa Keunggulan nya



Node JS pertama kali di ciptakan dan diperkenalkan oleh Ryan Dahl pada tahun 2009. Ryan Dahl adalah seorang pengembang dari joyent yang merupakan sebuah perusahaan perangkat lunak dan infrastruktur cloud

Node JS adalah perangkat lunak yang kerap digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web yang ditulis dengan sintak bahasa pemrograman javascript. Perbedaan antara Node JS dan javascript sendiri dapat dilihat dari fungsinya.

Javascript adalah bahasa pemrograman yang berguna pada sisi pengguna (browser), sedangkan Node JS sebagai pelengkap Javascript agar dapat berfungsi pada sisi server. Node JS dapat berfungsi di berbagai sitem operasi, diantarnya Windows, Mac OS, dan Linux.

Cara kerja Node JS berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, Jika cara kerja bahasa pemrograman lain adalah bersifat blocking maka Node JS memiliki cara kerja yang serupa dengan javascript yaitu bersifat non-blocking. Node JS berjalan dengan basis event-driven.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan menggunakan Node.JS

  1. Node JS menggunakan bahasa pemrograman yang cukup populer yakni javascript
  2. Node JS sangat diandalkan untuk mengembangkan aplikasi yang real-time
  3. Dapat menangani ribuan koneksi secara bersamaan dengan pengunaan resource minimum untuk setiap prosesnya
  4. Node JS bersifat open source
  5. Meminimalisir kesalahan antara pemrograman disisi client dan server karena menggunakan bahasa pemrograman yang sama yakni javascript.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar