Senin, 26 Agustus 2019

Mengenal Chatbot serta Penggunaannya dalam Aplikasi untuk Bisnis




Chatbot merupakan layanan obrolan yang digunakan untuk membalas dalam proses chatting, yang membalas adalah robot atau tokoh virtual. Dengan chatbot, maka robot didalamnya diberikan kecerdasan buatan yang memiliki kemampuan untuk menirukan percakapan manusia seperti layaknya chatting atau mengobrol dengan manusia.

Dengan adanya kemampuan AI pada chatbot membuatnya bisa menilai jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan yang dilontarkan. Cara chatbot mendapatkan jawaban terbaik adalah melalui keyword. Dengan sistem pengoperasian yang ditanamkan, chatbot bisa melihat keyword yang diberikan dan bisa melihat mana jawaban yang paling dengan dengan keyword tersebut, sehingga setiap pertanyaan yang diberikan bisa dijawab dalam waktu singkat.

Terdapat beberapa teknologi yang digunakan oleh chatbot agar menghasilkan aplikasi yang tepat dalam memberikan informasi, diantaranya adalah Machine Learning, Deep Learning, dan Natural Language Processing (NLP). Dengan Menggunakan Teknlogi NLP, chatbot bisa memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami bahasa yang digunakan dalam pertanyaan dan memberikan respon dengan bahasa yang sama.

Kelebihan Menggunakan Chatbot untuk bisnis :

  1. Lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen, ketika konsumen menanyakan sesuatu hal melalui website, maka chatbot dapat menjawab pertanyaan dengan cepat tanpa bertele-tele.
  2. Kemudahan untuk bisnis, dengan adanya chatbot urusan customer service menjadi lebih mudah karena tidak lagi berurusan dengan manusia juga guna meminimalisir kesalahan.
  3. 24 jam, teknologi chatbot tidak pernah tidur layaknya manusia sehingga kapan dan jam berapapun ada pertanyaan, maka bisa segera dijawab.
Kekurangan Menggunakan Chatbot :
  1. Mematikan peran seorang customer service, peran seorang customer service biasanya dikerjakan oleh manusia, namun perlahan dengan adanya teknologi makan kini diisi oleh robot. tentu ini merugikan pihak yang bekerja di bagian customer service karena kehilangan lapangan pekerjaan.
  2. Tidak bisa menjawab seluruh keluhan, di dalam berbisnis, pasti ada saja masalah yang menimpa konsumen dan meminta pertanggung jawaban. Ketika menggunakan chatbot, bisa saja tidak dapat menjawab keluhan yang diinginkan oleh konsumen sehingga tidak memberikan rasa puas dan malah menambah masalah baru. 

Chatbot pasti akan semakin banyak digunakan agar memberikan kemudahan dan menekan cost bisnis karena diganti robot. Namun Chabot selain memiliki kelebihan, juga memiliki kekurangan. Apakah sudah percaya dengan kemampuan robot yang dilengkapi AI atau masih ingin menggunakan tenaga manusia ? 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar