Senin, 29 Juli 2019

JENIS - JENIS PERETAS


Berikut ini 10 Jenis Peretas yang harus Kamu Ketahui 

1. Peretas Topi Putih
Peretas Topi Putih juga dikenal sebagai peretas etis adalag pakar keamanan siber yang membantu pemerintah dan organisasi dengan melakukan pengujian penetrasi dan mengidentifikasi celah keamanan siber mereka. Mereka bahkan melakukan metodologi lain dan memastikan perlindungan dari   peretas topi hitam dan kejahatan dunia maya lainnya.
Secara sederhana, ini adalah orang-orang yang tepat yang ada di pihak Anda. Mereka akan meretas ke sistem Anda dengan niat baik untuk menemukan kerentanan dan membantu Anda menghapus virus dan malware dari sistem Anda.

2. Peretas Topi Hitam
Peretas topi hitam adalah jenis peretas yang harus Anda khawatirkan. Pernah mendengar berita tentang kejahatan dunia maya hari ini? Salah satu peretas topi hitam mungkin ada di belakangnya.
Meskipun sebagian besar waktu agenda mereka bersifat moneter, namun tidak selalu seperti itu. Peretas ini mencari kerentanan di PC individu, organisasi, dan sistem bank. Dengan menggunakan celah apa pun yang mereka temukan, mereka dapat meretas ke dalam jaringan Anda dan mendapatkan akses ke informasi pribadi, bisnis, dan keuangan Anda.

3. Peretas Topi Abu-abu
Peretas topi abu-abu berada di antara peretas topi putih dan peretas topi hitam. Meskipun mereka mungkin tidak menggunakan keterampilan mereka untuk keuntungan pribadi, bagaimanapun mereka dapat memiliki niat baik dan buruk. Misalnya, seorang peretas yang meretas ke dalam suatu organisasi dan menemukan beberapa kerentanan dapat membocorkannya melalui Internet atau memberi tahu organisasi tentang hal itu.
Itu semua tergantung pada hacker. Ketika peretas menggunakan keterampilan peretasan mereka untuk keuntungan pribadi, mereka menjadi peretas topi hitam.
Karena seorang peretas topi abu-abu tidak menggunakan keahliannya untuk keuntungan pribadi, ia bukan peretas topi hitam. Juga, karena ia tidak diizinkan secara hukum untuk meretas keamanan siber organisasi, ia juga tidak dapat dianggap sebagai peretas topi putih.

4. Peretas Topi Hijau
Peretas topi hijau adalah peretas amatir di dunia peretasan online. Peretas ini memiliki keinginan untuk menjadi peretas yang hebat dan sangat ingin tahu. Anda mungkin menemukan mereka asyik di komunitas peretasan yang membombardir rekan peretas mereka dengan pertanyaan. Anda dapat mengidentifikasi mereka dengan percikan mereka untuk tumbuh dan belajar lebih banyak tentang perdagangan peretasan. Setelah Anda menjawab satu pertanyaan, peretas ini akan mendengarkan dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan lain hingga Anda menjawab semua pertanyaan mereka.

5. Peretas Topi Biru
Peretas topi biru, agenda utamanya adalah membalas dendam pada siapa pun yang membuat mereka marah. Mereka tidak memiliki keinginan untuk belajar dan dapat menggunakan serangan cyber sederhana seperti membanjiri IP Anda dengan paket-paket berlebih yang akan menghasilkan serangan DoS.

6. Peretas Topi Merah
Peretas topi merah memiliki agenda yang mirip dengan peretas topi putih yang dengan kata sederhana menghentikan tindakan para peretas topi hitam. Namun, ada perbedaan besar dalam cara mereka beroperasi. Mereka kejam dalam berurusan dengan peretas topi hitam.
Alih-alih melaporkan serangan jahat, mereka percaya akan menghapus peretas topi hitam sepenuhnya. peretas ini akan meluncurkan serangkaian serangan cyber yang agresif dan malware pada peretas topi hitam yang memungkinkan harus mengganti keseluruhan sistem mereka.

7. Script Kiddies


Peretas ini biasanya mengunduh alat atau menggunakan kode peretasan yang tersedia yang ditulis oleh pengembang dan peretas lain. Tujuan utama mereka adalah untuk mengesankan teman-teman mereka atau mendapatkan perhatian. Namun, mereka tidak peduli tentang belajar. Dengan menggunakan kode dan alat yang tidak tersedia, peretas ini dapat meluncurkan beberapa serangan tanpa mengganggu kualitas serangan. Serangan cyber yang paling umum oleh skrip kiddies mungkin termasuk serangan DoS dan DDoS.

8. Peretas yang Disponsori Negara / Bangsa

Peretas yang disponsori negara atau bangsa adalah mereka yang telah dipekerjakan oleh pemerintah negara bagian atau negara mereka untuk menyelinap masuk dan menembus melalui keamanan penuh untuk mendapatkan informasi rahasia dari pemerintah lain agar tetap di puncak online. Mereka memiliki anggaran tanpa akhir dan alat yang sangat canggih yang siap digunakan untuk menargetkan individu, perusahaan, atau negara pesaing.

9. Hacktivist

Jika Anda pernah menjumpai aktivis sosial yang mempropagandakan agenda sosial, politik atau agama, maka Anda mungkin juga bertemu dengan peretas, versi online seorang aktivis. Hacktivist adalah seorang peretas atau sekelompok peretas anonim yang berpikir mereka dapat membawa perubahan sosial dan sering meretas pemerintah dan organisasi untuk mendapatkan perhatian atau berbagi ketidaksenangan mereka terhadap menentang garis pemikiran mereka.

10. Orang Dalam Berbahaya atau Pelapor

Orang dalam yang jahat atau pelapor mungkin adalah seorang karyawan dengan dendam atau karyawan strategis yang dikompromikan atau disewa oleh saingannya untuk mengumpulkan rahasia dagang lawan mereka untuk tetap berada di puncak permainan mereka. Peretas ini dapat mengambil hak istimewa dari aksesnya yang mudah ke informasi dan peran mereka dalam perusahaan untuk meretas sistem.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Tidak ada komentar:

Posting Komentar